Thursday, August 2, 2012

Tabungan Terbaik di Dunia

Teman teman, Anda semua tentunya setuju jika menabung adalah sebuah kebiasaan yang sangat baik. Saya sendiri telah mempunyai kebiasaan menabung sejak saya masih bersekolah di sekolah dasar, dan orang yang pertama kali mengajarkan saya kebiasaan berhemat dan menabung adalah ibu saya tercinta.

Saya ingat sekali saat pertama kali saya punya celengan  dari tanah liat ……betapa menyenangkannya saat celengan itu penuh dan tibalah waktunya utk memecahkan dan menghitung jumlah uang dalam celengan tersebut. Dan masih jelas juga terbayang ingatan saya, tatkala saya memiliki buku tabungan pertama kalinya yang bernama Tabanas (Tabungan Nasional) saat itu. Saya ingat pula betapa setiap kali melihat isi tabungan itu saya berharap jumlahnya segera menjadi banyak sehingga cukup untuk membeli mainan impian saya.

Saat ini walaupun saya masih meneruskan kebiasaan menabung tersebut, tapi saya paling tidak suka menabung di bank. Bagi saya saat ini setiap kali saya melihat jumlah angka di tabungan / rekening saya, saya selalu sedih……mengapa? Karena bunga yang diberikan oleh bank saat ini sangat kecil sekali, bahkan setiap kali saya ditawari oleh membuka tabungan berupa deposito, selalu saya tolak, walaupun uang untuk di depositokan ada tersedia. Dan saat ini saya tidak senang menyimpan uang tabungan di bank, bagi saya itu adalah tindakan yang bodoh sekali.

Mengapa saya tidak tertarik setiap ada staf bank yang menawarkan  saya utk  simpan duit di deposito atau di ORI sekalipun. Jawabannya adalah karena saya mengetahui adanya sarana tabungan yang jauh lebih baik dari deposito atau ORI, tabungan terbaik itu adalah properti.

Mengapa saya mengatakan Properti itu adalah jenis tabungan terbaik?
Ketika saya adakan kuis pertanyaan ini beberapa saat lalu yang dilakukan di twitter, facebook maupun para subscriber artikel saya, banyak sekali jawaban yang bagus bagus dan hampir rata rata semua jawabannya benar.

Jawaban yang paling tepat dan paling baik adalah : “Properti mempunyai 2 keuntungan sekaligus yang tidak dimiliki oleh sarana investasi atau tabungan lainnya, yaitu properti memiliki capital gain sekaligus juga cash flow”.
Capital gain adalah keuntungan atau selisih kenaikan dari nilai investasi awal dengan nilai investasi akhir.Misalnya anda membeli sebuah property seharga 1 Milyar dua tahun yang lalu dan saat ini nilai properti tersebut sudah menjadi 1,5 Milyar, artinya ada kenaikan nilai atau potensi keuntungan sebesar 500 juta atau 50% selama 2 tahun. Itulah yang dimaksud dengan capital gain. Nah pertanyaan saya selanjutnya,  jika kita menabung di bank atau deposito sejumlah 1 Milyar dua tahun yang lalu, hari ini nilai uang kita yang 1 Milyar itu apakah masih tetap 1 Milyar atau naik? Tentunya naik, karena ada bunga yang diberikan bank disitu, tetapi nilainya kecil sekali, bahkan dibandingkan dengan nilai inflasi dan kenaikan harga harga barang, masih kalah jauh.

Jadi kesimpulannya bisa dikatakan tidak ada capital gain atau adapun kecil sekali jika kita menyimpan uang dalam bentuk tabungan atau deposito, malah sebenarnya uang kita menyusut nilainya kalau dibandingkan dengan nilai inflasi dan kenaikan harga barang barang.

Cashflow adalah arus kas, atau penghasilan dari investasi yang kita lakukan. Dalam hal properti, cashflow bisa berupa uang sewa atau penghasilan dari properti tersebut. Jika kita memiliki sebuah properti, kemudian properti tersebut kita sewakan, kontrakkan, dibuat jadi kost, tempat parkir umum, jadikan bisnis diatasnya, atau apapun bentuknya, yang pasti properti tersebut dibuat untuk bekerja menghasilkan penghasilan atau cashflow.

Nah pertanyaan saya jika anda menabung dalam bentuk intrumen investasi lainnya, apakah investasi  tersebut  bisa menghasilkan cashflow atau penghasilan selama tahun anda pegang sekaligus juga menghasilkan capital gain sebagai bonusnya?  Jika jawabannya tidak bisa, atau hanya menghasilkan salah satu saja, maka itu bukan tabungan terbaik.Tabungan terbaik adalah tabungan yang bisa menghasilkan cashflow sekaligus juga capital gain sebagai bonusnya!
Nah disinilah inti dari penjelasan bahwa properti adalah bentuk tabungan terbaik, karena properti memiliki 2 keuntungan sekaligus yaitu capital gain, kenaikan dari nilai investasi awal dan cashflow,  properti tersebut juga bisa mendatangkan penghasilan. Itulah esensinya  dari sistem investasi properti yang saya ajarkan di workshop PropertyCashMachine.com

Selamat memiliki tabungan terbaik!
Salam Sukses Berkelimpahan,

No comments:

Post a Comment