Thursday, August 2, 2012

KPR Dominasi Pertumbuhan Kredit Konsumer


RumahCom – Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang dikucurkan perbankan di Indonesia mengalami pertumbuhan signifikan seiring dengan peningkatan kebutuhan rumah. Pada semester I tahun ini, KPR di sejumlah bank tercatat mendominasi pertumbuhan kredit konsumer.


PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) melalui kredit BNI Griya misalnya. Bank dengan total aset Rp316,87 triliun ini mencatatkan pertumbuhan kredit BNI Griya mencapai 46,7% menjadi Rp21,6 triliun atau merupakan penopang terbesar dari pertumbuhan kredit konsumer. Realisasi tersebut sudah melampaui realisasi KPR sepanjang 2011 sebesar Rp18 triliun.


Untuk produk KPR, BNI saat ini memiliki BNI Griya, BNI Griya Multiguna, dan BNI Griya Idaman. BNI Griya Idaman merupakan pembiayaan perumahan bekerja sama dengan Real Estat Indonesia (REI) untuk melayani nasabah yang tidak mendapatkan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) dari Kemenpera.

BNI menargetkan bisa membiayai 31 ribu unit rumah melalui program FLPP senilai total Rp2 triliun. Secara keseluruhan, Kementerian Perumahan Rakyat menargetkan penyerapan FLPP 2012 sebanyak 180 ribu unit rumah dengan dana Rp7 triliun. Pada semester I - 2012, penyerapan FLPP baru mencapai 12.825 unit dengan nilai Rp380 miliar.

Di lain pihak, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam laporan kinerja semester I tahun ini juga mencatatkan pertumbuhan signifikan untuk kredit konsumer sebesar 50% menjadi Rp60 triliun. Pertumbuhan itu didorong  oleh pertumbuhan portofolio KPR 73,5% menjadi Rp36,5 triliun dibanding semester I - 2011. "BCA terdepan dalam penyaluran KPR setelah meluncurkan KPR dengan suku bunga tetap 8% untuk jangka waktu 55 bulan pada Februari 2012," kata Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA, dalam siaran pers Senin (30/7).

Sementara itu, PT Bank Mandiri Tbk hingga semester I - 2012 mencatatkan outstanding pertumbuhan kredit pemilikan rumah menjadi Rp20,11 triliun dari Rp15,23 triliun pada semester I tahun lalu. Sedangkan selama enam bulan pertama tahun ini, Bank Mandiri telah menyalurkan kredit untuk pembelian rumah sebesar Rp2,33 triliun.


Sumber : rumah.com

No comments:

Post a Comment